Sabtu, 08 Desember 2012

Sajak Seorang Tunanetra

by ; Zie Sastragudarabramanta

ibu, beritahulah aku bagaimana bentuk rembulan
orang-orang sering menghadiahiku keindahannya
juga bagaimana bintang benderang, ingin kumelihatnya
apakah memang bumi ini gelap bu
atau hanya aku saja yang berada dalam kegelapan
menuliskan sejuta pertanyaan pada satu warna

ibu, selama ini hanya kuraba wajahmu yang lembut
tapi mengapa selalu ada basah di telapakku
padahal kau tersenyum, menghiburku selalu

ibu, bisakah aku meminta sesuatu padamu
ingin sekali kuberjalan tanpa tongkat itu
biarkan angin mengarahkan langkahku
tak apa jika batu kan menghalangi kaki

ibu, aku tak pernah marah, mempermasalahkan tiap sandung kaki
atau melemparkan cacian karena tak bisa berlari
ibu, aku tak pernah memprotes Tuhan tentang ketidakadilan
atau menuntut-Nya karena tidak memberiku warna lainnya
tidak, bu.

ibu, peganglah tanganku, untuk menuruni tangga hati
di dasarnya telah tersimpan keikhlasan paling dalam
dan kau yang tahu, di belahan mana harus kucari

ibu, seorang teman pernah berkata padaku
bahwa engkau adalah wanita tercantik yang pernah dilihatnya
untuk itu kumohon bu, jangan lagi ada basah di telapakku
karena aku memang sudah takkan lagi meraba wajahmu
kegelapanku sudah berakhir bu, sudah tak perlu tongkat lagi
di sini, sudah ada malaikat yang menjagaku
dan doamu, selalu kuterima di setiap waktu

ibu, setiap pesan yang kau berikan itu
masih kuingat bu. selalu. akan dan tetap
di sini aku bias melihat, ada cahaya dan banyak warna
kami sedang menunggu bu, aku menunggumu
doa-doaku adalah wajah dan senyummu
Tuhan sudah berbaik hati padaku
sudah disiapkannya tempat untukmu di sini

jangan menangis lagi
aku sudah melihatmu
bu, ternyata rembulan tak begitu indah
jika disandingkan dengan wajahmu
dan senyummu yang menjadi sarapanku
membuat bintang malu untuk bersinar

bu, jagalah dirimu
kan kuberi kau sejuta warna
yang tak pernah bisa
diberikan pelangi pada bumi
dan tak pernah ada di kelopak bunga
yang kita petik setiap pagi

Bandung, 05 Desember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya semoga semua artikel di blog ini dapat bermanfaat untuk mempererat silaturahmi antar pujangga dan jangan lupa kembali lagi yah